• Hardox, Bisalloy, Creusabro, XAR, Quard Sumihard, Fora, Raex,JFE Everhard
  • Plat Boiler,A283Gr.C,SS400,Plat Kapal,A36,BKI,SM490,S355J
  • 3Cr12,210,304/304L,AISI 310,316/316L,403, 410,430,Durinox
  • AISI 1045,AISI 4140,AISI 4340,SCM415,SCM435,SCM440,DIN 42CrMo4,DIN 34NiCrMo6,
  • S45C,S50C,VCL140,VCN150,ASSAB,Bohler, Thyssenkrupp
  • SKD11, SKD61, SKS3, SKT4, HSS, Tungsteen Carbide
  • H-Beam,I-Beam,WF Beam,UNP,C-Channel,Besi Siku,King Cross, T-Section
  • Toko Besi,Jual Besi Baja,harga Plat dan RounBar

Share This

Bagaimana Baja Dibuat

Bagaimana Baja Dibuat: Ringkasan Singkat Blast Furnace


Ada dua jenis logam, ferro & non-ferro. Ferrous berasal dari, atau mengandung zat besi, sedangkan Non-Ferrous tidak mengandung zat besi.

Beberapa contoh logam besi adalah baja ringan, besi cor, baja kekuatan tinggi, dan baja perkakas.

Contoh logam non-ferrous adalah tembaga, aluminium, perunggu, kuningan, titanium, dll.

Untuk membuat baja, bijih besi terlebih dahulu ditambang dari tanah. Ini kemudian dilebur dalam tungku pembakaran dimana kotoran dikeluarkan dan karbon ditambahkan. 

Uraian berikut diambil dari Manual Struktural Untuk Manual Ironworkers V-Volume I. 

Tanur pelebur (Blast furnace) atau juga biasa disebut tungku ini adalah bagian penting dalam proses pengecoran logam. Tanur pelebur dalam pengecoran logam digunakan untuk “meleburkan” bahan baku yang digunakan untuk membuat barang-barang cor. Tungku membutuhkan banyak fasilitas tambahan untuk mendukung operasi mereka. Namun, secara sederhana, tungku itu sendiri adalah cangkang baja besar yang berbentuk silinder dan dilapisi dengan bata tahan panas. Setelah dimulai, atau "dihembuskan," tungku beroperasi terus menerus sampai lapisan tahan api membutuhkan pembaruan atau sampai permintaan untuk besi turun ke titik di mana tungku ditutup. Durasi operasi tungku dari awal hingga akhir disebut sebagai "campaign" dan dapat berlangsung beberapa tahun.




Bijih besi dan bahan bantalan besi lainnya, kokas dan batu kapur dibebankan ke dalam tungku dari atas dan turun ke bawah, menjadi lebih panas saat mereka tenggelam dalam tubuh tungku yang disebut tumpukan. Di bagian atas tungku, gas dari pembakaran kokas menghilangkan banyak oksigen dari bijih besi. Sekitar setengah jalan, batu kapur mulai bereaksi dengan kotoran di bijih dan kokas membentuk terak.

Abu dari kokas diserap oleh terak. Beberapa silika dalam bijih direduksi menjadi silikon dan larut dalam besi seperti halnya beberapa karbon dalam kokas. Di bagian bawah tungku di mana suhu naik lebih dari 3000 Fahrenheit, terak cair mengapung di kolam besi leleh yang dalamnya empat atau lima kaki. Karena terak mengapung di atas setrika, dimungkinkan untuk mengalirkannya melalui takikan terak di tungku. Besi cair dilepaskan dari tungku perapian melalui lubang keran. Penyadapan besi dan terak adalah faktor utama yang memungkinkan bahan tambahan untuk diisi di atas tungku. 

Ringkasan singkat dari operasi kompleks tanur pembakaran ini disajikan di video berikut, untuk memberikan titik referensi untuk aliran operasi aktual. Sangat sering, beberapa tanur tinggi dapat diatur dalam satu pabrik sehingga penggunaan yang seefisien mungkin dapat dilakukan dari bahan bakar, fasilitas rel internal, dll.

Video How steel is produced 


Pembuatan Baja

Besi kasar mengandung sejumlah besar karbon serta kotoran lainnya (terutama belerang dan fosfor). Karena itu, harus disaring. Kandungan karbon harus dikurangi, kotoran dioksidasi dan dihilangkan, dan besi diubah menjadi logam yang sangat elastis yang dapat ditempa dan dibuat. Ini adalah tujuan dari operasi pembuatan baja. Ada tiga jenis tungku pembuatan baja: tungku perapian terbuka, konverter proses dasar oksigen (lihat gambar 1) dan tungku busur listrik (lihat gambar 2). Tungku perapian terbuka sebagian besar telah diganti oleh konverter oksigen dasar (di mana baja dibuat dengan cara meniupkan udara atau oksigen ke dalam besi cair) dan tungku busur listrik (di mana baja dibuat dari besi tua dan pelet besi-spons)

Kemudian, baja cair disempurnakan komposisi kimianya melalui injeksi karbon dan penambahan paduan ferro sesuai karakteristik material baja yang dibutuhkan..
Ketika baja cair telah mencapai komposisi kimia yang tepat dan suhu yang dibutuhkan, kemudian di-tapping menjadi bentuk billet baja Selanjutnya, billet dimasukan ke Reheating Furnace untuk mencapai suhu yang tepat


Figure 2. General view of electric furnace casting


Baja Khusus


Baja khusus adalah paduan di mana elemen logam lainnya dimasukkan untuk menghasilkan baja dengan kualitas khusus dan untuk tujuan khusus, (misalnya, kromium untuk mencegah karat, tungsten untuk memberikan kekerasan dan ketangguhan pada suhu tinggi, nikel untuk meningkatkan kekuatan, keuletan dan ketahanan korosi) . Konstituen paduan ini dapat ditambahkan baik ke muatan blast-furnace (lihat gambar 8) atau ke baja cair (dalam furnace atau sendok) (lihat gambar 9). Logam cair dari proses pembuatan baja dituangkan ke dalam mesin pengecoran kontinu untuk membentuk billet (lihat gambar 10), mekar (lihat gambar 11) atau lempengan. Logam cair juga dapat dituangkan ke dalam cetakan untuk membentuk ingot. Mayoritas baja diproduksi dengan metode casting (lihat gambar 12). Manfaat pengecoran kontinu adalah peningkatan hasil, kualitas lebih tinggi, penghematan energi dan pengurangan biaya modal dan operasi. Cetakan yang dituang ingot disimpan dalam lubang perendaman (yaitu oven bawah tanah dengan pintu), di mana ingot dapat dipanaskan sebelum melewati ke pabrik penggilingan atau pemrosesan berikutnya lainnya (gambar 4). Baru-baru ini, perusahaan mulai membuat baja dengan kastor berkelanjutan. Rolling mill dibahas di bagian lain bab ini; pengecoran, penempaan dan pengepresan dibahas dalam bab Pemrosesan logam dan industri pengerjaan logam.



Referensi:
https://www.keenovens.com/articles/steel-furnance.htm
http://www.iloencyclopaedia.org/part-xi-36283/iron-and-steel/73/iron-and-steel-industry

Produk Terkait:

Tags:
  • #toko besi terdekat, Jual plat Hardox,jual plat abrex 500,plate 253MA stainless, harga Plat 3cr12,plat Everhard C-400,XAR wear plate,quard plate, Jual plate raex 400, Creusabro 8000, plate weldox, Harga Baja, #jual stainless steel 304/L, as stainless 316, plat stainless 310s, sf003 steel plate,Jual plat A283 Gr.C bekasi,harga plat A516 Gr.70, stainless 410s Durinox,Jual Steel Pipe, distributor baja KS, GRP, dual plate,jual steel holo, harga steel roundbar terbaru, ASTM A572 grade 50, daftar harga stainless 2023,jual besi kotak,Aluminium plate 7075, material baja preharden,material stavax, jual vcn steel, Harga besi holo,inp,wf, unp,cnp,,H-beam,besi beton,Steel AISI 4340, harga Plate Boiler A387 Gr.22,jual valve dan flange,plat Kapal SS400,A36, BKI plate,SPCC SD, SPHC,Plat S355JR steel, harga plate sm490 YA, ABS, abrasion,Marine plate, plate Corten, Sumihard,Offshore plates,plat bisalloy,